UAS

Ujian Akhir Semester Psikologi Pendidikan 3 sks :D

6 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

(UAS) 1. Jeremi, saat kamu mengganti tema blog dari musik ke olah raga basket, sesungguhnya apakah alasanmu? Coba jelaskan dengan salah satu teori psikologi pendidikan yang kamu kuasai.

psipddk3sks mengatakan...

jeremy, kamu belum bisa lihat soal uas yang saya posting?

jeremy mengatakan...

Sebelumnya saya minta maaf bu karena saya telat menyetujui permintaan moderasi postingan UAS dari ibu.

Alasan saya adalah ketika sudah hampir 2 bulan saya memakai layout bertema musik bergambar piano itu, saya merasa blog ini tidak mencerminkan kepribadian saya. Karena piano identik dengan nada nada harmonis, tenang, lembut dst. Berbeda jauh dengan kepribadian saya yang eksplosif dan menyukai alat musik pukul seperti gendang/djembe. Selain menyukai musik saya juga sangat menyenangi olah raga yang namanya basket, suatu saat ketika saya melihat ada tampilan blog yang bertema basket saya langsung menyukainya dan mengganti layout saya karena saya merasa layout ini menggambarkan saya lebih jelas daripada layout bertema piano sebelumnya.
Jika dihubungkan dengan salah satu teori psikologi pendidikan yang saya ketahui saya lebih condong ke teori pendidikan tentang motivasi. Motivasi adalah proses yang memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku dimana artinya dimana ada perilaku yang penuh energi terarah dan bertahan lama. Dengan mengganti layout blog yang lebih tepat saya semakin terpacu untuk membuat tugas tugas yang diberikan dosen pengampu karena selain mendapat motivasi intrinsik yaitu mendorong untuk melakukan tugas dengan sebaiknya baiknya tugas yang diberikan dipicu dari tampilan layout baik secara langsung maupun tidak langsung.
dan juga pergantian layout yang saya buat dapa saya hubungkan dengan teori pendidikan proses kognitif kompleks yaitu KREATIVITAS. Kreativitas adalah kemampuan berpikir tentang sesuatu dengan cara baru dan tidak bisa dan menghasilkan solusi yang unik atas suatu problem. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas adalah menyediakan lingkungan yang memicu peningkatan kreativitas.Bagi saya, layout basket ini sudah menjadi lingkungan(khususnya dunia maya) yang memicu saya meningkatan kreativitas karena saya senang olah raga ini dan saya juga menyelami olah raga ini secara psikologi sehingga saya dapat menghasilkan ide ide unik.
Demikian jawaban saya. Terima kasih, bu :).

psipddk3sks mengatakan...

(UAS) 2. Coba jelaskan berdasarkan teori psikologi pendidikan sehubungan dengan janji saya untuk men-deliveri nilai namun belum terlaksana.

jeremy mengatakan...

Terima kasih bu atas pertanyaannya.

menurut saya teori psikologi yang paling sesuai dengan kasus ibu tentang janji deliveri nilai adalah tentang MEMORI.

Memori adalah proses mengingat informasi dari lingkungan. Menurut Atkinson & Shiffrin teori pemrosesan informasi secara sistematis terbagi 3 yaitu:

~Sensory Register(SR):
Tahap pemrosesan informasi dimana lima panca indra sebagai pintu masuk stimulus dan waktu penyimpanan sangat singkat. Daya tampung dari SR sangat sedikit dan juga belum ada proses mengingat di tahapan ini.

~Short Term Memory (STM):
Tahap lanjutan dari SR dimana jika ketika stimulus ditambah dengan atensi/perhatian maka akan menjadi STM. Daya tampung dan waktu penyimpanan sangat singkat informasi yang didapat akan lupa jika tidak diulang. Disini terdapat working memory atau memori siaga.
Disebut juga memori aktif.
~Long Term Memory:
Tahap akhir dan inilah yang dinamakan dengan ingatan. Waktu penyimpanan sangat lama dan daya tampung besar namun diperlukan PROSES KONTROL seperti pengulangan atau organisasi memori dengan cara STRATEGI MENGINGAT. Lupa dapat terjadi jika gagal dalam pemanggilan ulang kembali informasi.
Ada 3 folder besar di LTM yaitu:
*prosuderal : menggunakan proses belajar dalam bentuk kemampuan dan operasi kognitif.
*semantik: pemberian makna tentang suatu hal, makna dan gabungan kata dengan info terdahulu.
*Episodik: ingatan tentang suatu kejadian atau suatu peristiwa.

STRATEGI MENGINGAT:
*chungkin: dengan memisahkan informasi misalkan untuk NIM saya :09_031 atau memberi nada ketika melafalkan suatu hal.
*narasi: dengan menghubungkan suatu hal dengan hal yang lain sehingga menjadi sebuah cerita.

LUPA.
ada 4 teori yang menyangkut tentang kelupaan yaitu:
~Decay theory: lupa karena jejak waktu yang sudah sangat lama.
~Interference theory: pengaruh dari informasi lama/baru sehingga mempengaruhi informasi baru/lama.
~Reconstruction theory: lupa karena pengaruh kebudayaan sehingga informasi yang diingat selalu berubah-ubah.
~Motivated theory: lupa karena sengaja melupakannya karena alasan traumatis atau tertentu.

Menurut saya, kenapa ibu belem mendeliveri nilai karena lupa. Lupa yang saya maksud bukan berdasarkan motivated theory hehehe, namun lebih condong ke decay & interference theory. Mungkin karena janji ibu mendeliveri nilai sudah lama sehingga ibu lupa menepati janji karena jarak waktu yang sudah lama dan juga karena terlalu banyak informasi baru yang ibu simpan sehingga informasi lama yang sudah tersimpan menjadi kabur sehingga mengalami kelupaan(interference theory). contoh informasi baru adalah banyaknya kertas ujian mahasiswa yang harus diperiksa, nama mahasiswa yang ribut dst. Sekian jawaban saya.

Terima kasih, bu :)

psipddk3sks mengatakan...

usaha yang pantas dihargai Jeremi...
Skor UASmu 80.

Posting Komentar